Monday 11 November 2013

Keselamatan Kerja Petugas Listrik



Keselamatan Kerja Petugas Listrik yang Memperbaiki Gardu Listrik (Tiang Listrik)

        

 Sering kali kita jumpai padamnya listrik pada permukiman penduduk. Biasanya padam listrik diakibatkan oleh konsleting listrik pada gardu listrik (tiang listrik) yang ada di tengah-tengah permukiman penduduk, salah satu penduduk pasti akan melaporkan dan memanggil petugas listrik untuk memperbaiki konsleting listrik pada gardu tersebut.
           Kita sering kali perhatikan petugas listrik yang datang dan memperbaiki gardu listrik tersebut tidak menggunakan perlengkapan keselamatan kerja yang baik dan aman pada dirinya. Terkadang petugas yang datang hanya mengenakan perlengkapan seadanya saja, seperti menggunakan kaos oblong, topi biasa, sepatu biasa, penggunaan tangga bambu biasanya pada gardu listrik yang tidak terlalu tinggi, serta tidak ada pengait yang terpasang di tubuhnya.
            Oleh karena itulah diperlukan perlengkapan keselamatan kerja yang baik untuk petugas listrik yang memperbaiki gardu listrik. Dengan menggunakan helm keselamatan yang dapat berfungsi untuk melindungi kepala, pengguna sepatu kerja yang didesain khusus, pemakaian sarung tangan, pengait untuk tubuh, kacamata keselamatan, pakaian(seragam) yang terbuat dari bahan khusus, tangga khusus. Penggunaan perlengkapan keselamatan kerja diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan kecelakaan kerja.

No comments:

Post a Comment